Senin, 21 November 2016

PENGERTIAN SERTA PERBEDAAN ANTARA SEO,SEM,SMM,SMO

PENGERTIAN DARI SEO,SEM,SMM,SMO
Sebenarnya istilah SEO sudah sering terdengar dalam strategi dunia pemasaran secara online, namun ternyata ada juga istilah-istilah seperti SEM,SMM,SMO dimana digunakan untuk hal sama tetapi ada juga perbedaan dari ke 4 istilah tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam tentang hal tersebut berikut beberapa penjelasan dan perbedaan dari keempat nya.
1. SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Yaitu metode optimasi yang membantu meningkat kemampuan suatu website untuk dicatatkan pada halaman pertama  dari hasil pencarian organik.
SEO melibatkan banyak pekerjaan dan ada banyak buku yang membahas hal tersebut, tetapi semua adalah untuk satu tujuan dan jika kita tetap berpegang pada aturan dasar penulisan konten dan link building yang berkualitas sehingga tepat untuk meningkatkan pengunjung website pada hasil pencarian organik.  
2. SEM (SEARCH ENGINE MARKETING)

Walaupun sering disamakan dan memiliki makna yang sama dengan SEO tetapi tetap saja kedua nya berbeda satu sama lain.
SEM yaitu penggunaan iklan online pada halaman hasil mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. penggunaan sistem pay-per-click (PPP) dimana si pengiklan hanya akan dikenakan biaya ketika seseorang mengklik iklan mereka.
SEM melibatkan iklan berbayar seperti Adwords, iklan Bing, Yahoo dan metode lain dari iklan online. sehingga melibatkan proses pembuatan kampanye dan hasil dari kampanye tersebut, dengan menetapkan anggaran dan berharap akan mengembalikan investasi. Dengan demikian website tersebut akan muncul di halaman pertama pada mesin pencari. Hasil ini muncul sebagai iklan yang disponsori di bagian atas atau samping hasil pencarian organik.

3. SMM (SOCIAL MEDIA MARKETING)

Yaitu memiliki kesamaan dengan SEM dimana melibatkan iklan berbayar melalui jaringan media sosial.
Misalnya iklan yang terdapat pada Facebook untuk memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan merek eksposur.

4. SMO (SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION)
Yaitu teknik optimasi dengan meningkatkan visibilitas profil pada sosial media sehingga dapat berbagi konten yang sudah dibuat di website atau blog.
SMO juga dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web atau blog dengan menyertakan link untuk berbagi apa yang ingin dimasukkan.

Jadi dapat di simpulkan bahwa istilah dari ke 4 metode dalam strategi  Marketing Online. SEO dan SMO termasuk solusi untuk jangka waktu lama jika dilakukan dengan benar dan sesuai aturan dapat terus membawa hasil yang diinginkan pada bisnis nya. Sedangkan SEM dan SMM memerlukan jangka waktu yang cepat karena adanya iklan berbayar dimana pembayaran pada iklan tersebut dapat menghabiskan banyak anggaran dan juga memiliki batas waktu sesuai dengan anggaran yang sudah dikeluarkan untuk iklan berbayar tersebut.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar